Saturday, 22 April 2017

Mengenal Fungsi Web Browser

Selamat malam, sebelummnya saya telah membuat artikel mengenai Pengertian HTML, maka pada malam ini saya akan membahas apa itu web browser, dan apa fungsi dari web browser itu sendiri. Oke, langsung saja.


Pengertian Web Browser

Web Browser atau biasa disebut browser adalah sebuah software atau aplikasi baik untuk menerima, menampilkan, dan menerjemahkan sebuah informasi dari world wide web (www). Dan salah satu informasi tersebut dibuat dalam format HTML.

Mengenal Fungsi Web Browser

Kode atau Syntax HTML yang kamu buat kemudian akan diterjemahkan oleh si web browser agar tampil sesuai dengan rancangan yang sudah kamu buat. Pada dasarnya semua web browser dapat menampilkan kode HTML dengan sama baiknya, akan tetapi jika sudah berbicara menyangkut masalah desain halaman, maka tiap-tiap browser memiliki beberapa perbedaan tersendiri.

HTML dirancang khusus dan diatur oleh sebuah badan standarisasi dunia yang memang menangani web secara khusus, yaitu World Wide Web Consortium, atau yang biasa disebut W3C. Hal ini dikarenakan pada tiap-tiap aplikasi web browser dapat menerjemahkan kode - kode HTML tersebut secara berbeda-beda, sehingga sangat di perlukan sebuah standarisasi yang sama untuk seluruh browser.

Namun pada penerapannya, standarisasi ini hanya merupakan sebuah rekomendasi. Masih ada beberapa web browser yang membuat aturannya sendiri.

Salah satunya yang terkenal contohnya adalah Internet Explorer pada sekitar tahun 2000-an. Pada saat itu, hampir 90% web browser yang digunakan adalah Internet Explorer, dan Internet Explorer tidak sepenuhnya mengikuti rekomendasi dari W3C. Berbanding terbalik dengan web browser Opera yang mencoba menerapkan standar W3C namun tidak terlalu populer. Maka dari itu, perbedaan aturan penerjemahan HTML diantara web browser inilah yang sampai saat ini masih terus menjadi sebuah tantangan bagi seorang programmer web.

Sekarang Internet Explorer sudah tidak lagi sekuat yang dulu. Pada saat ini, Web Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome lah yang telah menguasai lebih dari 50%, dan Internet Explorer juga telah berusaha menerapkan standar W3C.


Fungsi Web Browser

Dalam mempelajari HTML, web browser merupakan perangkat paling utama yang kita butuhkan. Seperti bahasa pemograman lainnya, Web Browser bisa dibilang adalah sebuah compiler dan intrepreter HTML pada HTML. Namun kamu bebas untuk menggunakan web browser manapun yang kamu sukai, namun pada tutorial ini, saya menggunakan Web Browser Chrome.

Untuk mendapatkan Web Browser, kamu bisa langsung saja klik tombol dibawah ini.



Mungkin itu saja untuk malam ini, nantikan lagi tutorial selanjutnya ! sampai jumpa pada artikel berikutnya.