Sunday, 30 April 2017

Mengembalikan file yang terhidden oleh virus

Hai semua, apa kabar ? maaf sudah beberapa hari ini saya tidak ngepost, hal ini dikarenakan beberapa hari yang lalu saya mengikuti event International Art Creativity Engineering Exibition 2017. Dan alhamdulillah Produk inovasi tim saya yaitu Mesin Pemilah Tekstil berdasarkan sensor warna berhasil mendapat Gold Medal dan juga mendapat Special Award dari University Teknologi Mara PERLIS.

Mengembalikan file yang terhidden oleh virus'

Mungkin itu saja sekilas, oke langsung saja kita kembali ke topik pembahasan, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips yaitu mengenai Cara mengembalikan File yang terhapus oleh antivirus smadav. Kenapa kok beda dengan judul artikel ? karena sebenarnya banyak diantara kamu yang sering mengalami hal ini di karenakan antivirus smadav. dan sebenarnya, file itu tidak terhapus, melainkan terhidden oleh virus. terus kenapa dengan smadav ? karena yang sering mengalami hal ini pasti tentunya rata-rata dari kamu karena memakai antivirus samdav.

Oke, langsung saja kamu ikuti cara dibawah ini :

  1. Pertama silahkan kamu buka CMD terlebih dahulu, dengan cara klik menu start dan pada bagian pencarian silahkan kamu ketikkan “cmd” dan lalu tekan enter
  2. Setelah itu silahkan kamu masuk pada drive yang terkena virus tadi dengan mengetikkan perintah  “ drive[:] ” missal “ G: ” . Silahkan ganti dengan Drive kamu yang terkena virus, misal drive D, E dan sebagainya. Perhatikan gambar dibawah ini.

    Mengembalikan file yang terhidden oleh virus

  3. Bila sudah, maka setelah itu ketikkan “ attrib  -s -h -r *.* /s /d ” dan tekan enter

    Mengembalikan file yang terhidden oleh virus

Keterangan :

  • attrib adalah singkatan dari attribute atau atiribut
  • -s adalah System file attribute
  • -h adalah Hidden file attribute
  • -r adalah Read-only file attribute
  • /s adalah Processes matching files in the current folder and all subfolders
  • /d adalah Processes folders as well.

Bila sudah, maka dengan sendirinya file yang terhidden tadi akan muncul kembali pada drive kamu. Gimana mudah bukan ?  semoga artikel ini membantu bagi kamu yang sering mengalami hal ini terutama yang menggunakan antivirus smadav. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.