Wednesday, 21 June 2017

Cara Membuat Judul (heading) di HTML

HTML juga memiliki tag khusus yang digunakan untuk membuat judul atau di dalam HTML lebih di kenal dengan istilah : heading. Heading dirancang terpisah dari paragraf. Tag Heading biasanya dipergunakan untuk membuat judul dari sebuah paragraf, atau bagian dari text yang merupakan judul.

Cara Membuat Judul (heading) di HTML

Tag heading pada dalam HTML terdiri dari 6 tingkatan, yaitu : <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5>, dan <h6>. Tag heading ini secara default akan ditampilkan oleh web browser dengan font/huruf yang tebal (bold). Tampilan dari tag heading juga dibuat bertingkat. Tag heading <h1> memiliki ukuran huruf paling besar, sedangkan <h6> terkecil.

Berikut ini contoh penggunaan tag heading pada dalam HTML :


belajar HTML dasar

Maka, hasilnya pada web browser akan tampak seperti ini :

Cara Membuat heading di html
Biasanya didalam sebuah halaman hanya akan ada 1 tag <h1>, beberapa tag <h2> dan tag <h3> dan juga terdapat beberapa tag <p>. Berikut adalah contoh struktur dari artikel HTML sederhana dengan menggunakan tag <p> dan beberapa tag heading.

Cara Membuat Judul pada html

Dengan menggunakan beberapa tag heading dan paragraf, disini kita bisa membuat sebuah struktur sederhana dari konten HTML.

Umumnya, Search Engine seperti Google akan memberikan sebuah nilai lebih untuk heading. Biasanya semakin tinggi tingkat heading, maka semakin tinggi pula penekanan search engine. Tag <h1> dianggap lebih bernilai daripada tag <h2>. Tag <h1> umumnya digunakan untuk membuat judul sebuah konten atau artikel, sehingga dianggap dapat mewakili keseluruhan dari isi artikel.

Selain terdiri dari paragraf dan judul, sebuah struktur artikel juga perlu membuat daftar atau yang dikenal sebagai list. Mungkin akan kita bahas pada tutorial HTML berikutnya. Mungkin ini saja untuk artikel kali ini, sampai jumpa.