Thursday, 31 August 2017

Komputer kamu dibobol dan sedang diawasi?

Anggikhalid.com - Hi sobat, pada kesempatan kali ini saya akan sharing sedikit mengenai Komputer. Artikel kali ini akan sedikit membahas mengenai keamanan pada laptop/pc sobat.

Komputer sedang diawasi

Sebelumnya, apakah sobat sedang merasakan ada sesuatu hal yang aneh pada komputer/laptop sobat? Apakah PC / Laptop sobat saat ini sedang dibajak? atau sedang di monitoring dan sebagainya?

Jika iya, mungkin Komputer sobat sudah terkena malware ataupun virus yang ditanamkan oleh Cracker. Namun bisa saja mungkin hal ini dilakukan oleh temen sobat yang jahil untuk memantau segala aktifitas sobat dan juga hal ini dapat terjadinya pencurian data data beharga milik sobat.

Maka timbul pertanyaan, Lantas bagaimana cara meraka untuk menyusup masuk kedalam komputer kita?

Jawabannya, apakah sobat pernah mendengar kata Backdoor? apa itu Backdoor? jika sobat masih belum tau, akan saya jelaskan sedikit.

Seperti namanya saja, Backdoor memiliki arti "Pintu Belakang". Dan cara mereka untuk menyusup masuk dan mengakses komputer sobat yaitu dengan cara menanamkan File / Aplikasi pada komputer yang akan menjadi korban terlebih dahulu seperti Rootkit.

Apa itu Rootkit? Untuk lebih jelasnya sobat bisa searching langsung di google.

Lalu bagaimana cara mereka untuk memasukan dan menanamkan rootkit tersebut pada komputer kita?


Untuk melakukan hal ini, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Contohnya saja mereka bisa menggunakan Phising, Social Enginering dan sebagainya.

Namun, cara yang paling sederhana bisa dilakukan bila sobat terkoneksi pada jaringan internet, maka mereka hanya perlu membajak jaringan dan kemudian membuat sebuah kotak Form ataupun Foto yang menarik perhatian dan mengirimnya pada komputer yang akan menjadi korbanya dengan harapan agar korban tersebut mengklik Tautan atau Foto tersebut.

Sebagai contoh, mereka mengirim From peringatan pada komputer sobat dengan isi Form misalnya seperti ini: " Komputer Anda Sedang Terinfeksi Virus, klik OK untuk membersihkan bla..bla..bla... "

Dari pesan tersebut, seolah olah tidak ada hal yang aneh dan kebanyakan korban akan percaya dan langsung saja menekan tombol OK yang tanpa disadari bahwa disitulah awal dari semuanya dimana tanpa diketahui oleh sikorban Rootkit akan langsung masuk ke komputer korbannya.

Hal ini sama seperti saat sobat melakukan download hanya dengan menekan tombol OK tadi.

Tentu saja hal ini tidak disadari oleh korban bila si penyusup hanya melakukan monitoring saja untuk mengetahui segala aktifitas si korban dan juga hal ini dapat menyebabkan pencurian akun Sosial media kepunyaan si korban dan lain sebagainya.

Bagaimana cara untuk mengetahui dan menanganinya?

Untuk permasalahan ini, saya sangat menganjurkan sobat untuk memasang dan mengaktifkan windows firewall dan menginstall aplikasi firewall lainnya.

Sehingga bila ada aktifitas yang mencurigakan maka akan langsung di block  oleh firewall.

Dan satu lagi solusinya agar sobat aman, yaitu sangat dianjurkan agar sobat menggunakan koneksi stand alone.

Tentu saja mungkin ini agak berat bagi sobat, karena kebanyakan dari sobat pastinya lebih sering menggunakan wifi daripada menggunakan modem. Hahahh.. makanya untuk masalah menggunakan jaringan ini, sobat bisa search langsung di google mengenai bahaya dari internet dll.

Mungkin sekian untuk sharing kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.