Sunday, 20 August 2017

Panduan Lengkap Agar Diterima Google Adsense

anggikhalid.com Hai sobat, selamat malam!! pada artikel kali ini saya akan membahas lengkap mengenai cara mendaftarkan blog ke google adsense.

cara daftar google adsense

Cara yang saya tulis di artikel kali ini adalah cara saya yang selama ini saya terapkan untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense selama ini.

Kebetulan blog ini juga sudah didaftarkan dan Alhamdulillah diterima pada pengajuan pertama dan hanya menunggu review selama kurang lebih 3 mingguan.

Penasaran gimana? simak artikel dibawah ini.

Mendaftarkan blog ke Google Adsense memang adalah impian bagi semua blogger, namun tidak semua blog yang didaftarkan langsung diterima begitu saja. Karena sobat harus memenuhi terlebih dahulu peraturan dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Google Adsense.

Untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat Persyaratan dan Ketentuan Google Adsense.

Nah, karena itu disini saya akan memberikan panduan cara mendaftar Google Adsense versi cara saya sendiri mulai dari optimasi blog hingga mendaftarkan blog ke google adsense.

Optimasi Blog

Untuk mendaftarkan blog ke google adsense, maka sobat harus menerapkan peraturan yang diberikan oleh google pada blog tersebut. Untuk optimasi blog, berikut adalah hal yang wajib sobat penuhi agar blog sobat diterima oleh Google Adsense.

  1. Menggunakan Template Premium
    Kenapa harus menggunakan template premium? karena template premiun rata rata tidak memiliki redirect link, karena hal ini sangat dibenci oleh google.

    Biasanya juga, template premiun pasti sudah Fast Load dan Responsive jadi, saran saya, silahkan sobat gunakan Template yang premiun daripada yang Free.

    Mungkin sekilas tidak ada perbedaan antara Premiun dengan Free, Namun dari namanya saja pasti ada perbedaan yang mana hanya diketahui oleh seorang blogger desainer dan blogger yang sudah pro saja.

  2. Membuat Navigasi blog yang jelas
    Pada tahap ini, silahkan sobat buat navigasi blog yang jelas dan mudah dimengerti oleh visitor. Pastikan pada blog sobat terdapat widget Popular Post, widget label dan widget Blog Archive.

    Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat lihat navigasi di blog ini.

  3. Membuat Page Contact Us, Privacy Policy, Disclaimer dan About
    Blog yang ingin didaftarkan Google Adsense, harus sudah membuat Page About, Contact us, Privacy Policy, dan Disclaimer ini.

    Untuk membuat Halaman Privacy Policy dan Disclaimer ini sobat bisa membuatnya disitus ini Privacy Policy Online. Sedangkan untuk membuat halaman Contact us dan About, sobat bisa membuatnya sendiri

  4. Memasang Cookie Policy
    Sebenarnya hal ini tidak masalah bila sobat tidak memasangnya. Namun, dikarenakan visitor blog sobat juga ada yang dari Eropa, maka Hukum Uni Eropa mengharuskan sobat untuk memberikan informasi kepada visitor tentang cookie yang sobat gunakan pada blog tersebut.

    Untuk membuatnya sobat bisa langsung ke situs SiteBeam.




Setelah menerapkan hal diatas pada blog sobat, maka selanjutnya hal paling utama yang mempengaruhi agar blog diterima oleh Adsense adalah sebagai berikut.

  1. Artikel Unik
    Buatlah artikel yang unik, dilarang copy paste. Dan pada pembuatan artikel usahakan terapkan SEO agar artikel tersebut bisa nangkring di Halaman Satu Google atau Page One.

    Untuk pembuatan artikel sendiri, usahakan dalam seminggu minimal setidaknya ada update 3 artikel saja, kalau sobat update artikel setiap hari maka lebih bagus. Namun jangan sampai malas untuk update artikel, misalnya saja sebulan sekali.

  2. Submit Blog ke Webmaster
    Berikutnya, jangan lupa untuk submit blog ke Google Webmaster Tool. Dan setiap kali sobat selesai membuat artikel jangan lupa pula submit link artikel tersebut ke webmaster pada fitur Fetch as Google. Hal ini berguna untuk memberitahukan google untuk segera mengindex artikel tersebut.

  3. Umur Blog
    Perhatikan juga umur blog, blog yang masih baru jika sobat daftarkan ke Google Adsense maka blognya pasti akan ditolak mentah mentah. Alasannya adalah karena blog tersebut masih baru, dan google pun mungkin masih belum mengindex-nya.

    Jadi berapakah usia blog untuk mendaftar Google Adsense? Menurut saya, umur blog yang sangat bagus untuk didaftarkan itu sekitar 2-4 bulan.

    Hal ini bertujuan, agar blog sobat sudah terindex terlebih dahulu oleh google.

  4. Jumlah Konten
    Kalau masalah jumlah artikel, sebenarnya ini tidak ada yang pasti. Diluar sana banyak blogger yang mengatakan bahwa dirinya hanya membuat 20 artikel saja dan berhasil diterima oleh Google Adsense.

    Namun ada juga yang mengatakan bahwa jumlah artikel harus banyak agar lebih memudahkan untuk diterima saat proses Review.

    Tapi, untuk blog ini sendiri saat saya mendaftarkan saat itu blog ini hanya memiliki sekitar 30 an artikel.




Cara Daftar Google Adsense

Setelah optimasi blog diterapkan, dan juga sobat rutin update artikel maka selanjutnya adalah cara untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense.

Cara mendaftarkan blog ke Google Adsense sendiri ada 2 macam yaitu dengan cara langsung mendaftarkan blog ke situs Google Adsense langsung maupun dengan cara Upgrade akun Adsense hosted yang didaftarkan dari youtube agar menjadi Non Hosted.

Untuk mendaftar ke Google Adsense blog sobat harus sudah menggunakan domain TLD ( Top Level Domain ).

Untuk cara pendaftarannya sendiri tidak akan saya jelaskan disini, mungkin sobat sudah pada tau. karena untuk pendaftarannya sendiri caranya sama halnya dengan kita mendaftar / membuat akun Facebook.

Namun, yang wajib sobat ingat ketika selesai mendaftar, maka blog sobat akan direview oleh google. Nah, proses review ini yang sangat mendebarkan, berharap dapat balasan diterima oleh Google.

Nyatanya diluar sana ada blogger yang mendapat balasan setelah direview selama 3 hari, namun ada juga yang sampai berminggu bahkan berbulan bulan belum juga mendapat balasan dari Google.

Nah oleh karena itu, disini saya ada sedikit tips yang harus sobat lakuin saat masa review ini berangsung agar blog yang sobat daftarkan diterima saat menerima surat balasan dari Google.

Berikut adalah hal yang wajib sobat ketahui.

  1. Rajin update artikel
    Selama proses masa Review berlangsung sangat bagus bila sobat rajin update artikel. Karena blog yang rajin update artikel sangat disukai oleh google. Dan jangan sekali kali sobat melakukan copy paste.

  2. Jangan Ganti Template
    Pada saat proses Review berlangsung jangan pernah sobat ganti template terlebih dahulu, hal ini akan membuat google mengira bahwa blog sobat masih belum siap untuk diterima karena masih dalam perbaikan.

  3. Jangan Ganti Domain
    Apalagi ini, jangan sesekali sobat ganti domain saat sedang proses Review berlangsung, hal ini akan mengakibatkan saat google ingin me Review blog sobat tapi ternyata blog tersebut tidak ada dan tidak ditemukan dengan alamat yang sudah sobat daftarkan.


Gimana nih menurut sobat? mungkin cuman ini cara yang saya terapkan untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense selama ini. Semoga blog sobat juga diterima.

Sesuai dari pengalaman saya, biasanya sobat akan mendapat surat balasannya skitaran mulai dari 3 hari sampai 1 bulan, namun bila sudah lebih dari 1 bulan, hal itu wajib dipertanyakan. Silahkan sobat cek kembali blog sobat apakah sudah benar tidak ada hal yang melanggar kebijakan google? Misalnya saja mungkin ada penggunaan kata yang dilarang pada artikel blog sobat, ataupun ada link yang error pada menu dropdown dan lain sebagainya.

Bila ada, silah kan perbaiki. Karena sesuai pengalaman waktu mendaftarkan blog ini, saat itu saya sudah menunggu selama 2 minggu lebih setelah diperiksa kembali ternyata ada link yang error/rusak pada templatenya. Dan setelah saya perbaiki link tersebut, maka 3 hari kemudian pas buka email ternyata ada surat balasan dari Google.

Dan jangan lupa, bila sudah diterima oleh Google Adsense, jangan lupa sobat baca Kebijakan Adsense. Hal ini bertujuan agar sobat tidak melanggar kebijakannya.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat. dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.