Saturday, 2 September 2017

Laptop mati total? Berikut solusinya

Anggikhalid.com - Pada artikel kali ini saya akan memberikan sebuah info mengenai solusi laptop yang mati total. Penasaran gimana? simak artikel singkat berikut.


Lampu indikator tidak menyala

Apakah sobat pernah mengalami Laptop Mati Total? dan pada saat Laptop dihidupkan tidak ada reaksi apapun baik itu lampu indikator yang tidak menyala dan sebagainya.

Kerusakan laptop mati total ini sebenarnya lebih mudah untuk dideteksi letak permasalahnya daripada laptop yang mati secara random. Karena, jika laptop yang mati secara random hal ini tentu saja akan sangat menjengkelkan dan dapat membuat kita sedikit stress.

Jika laptop sobat tidak mau hidup, maka seperti biasa hal yang harus  kita lakukan adalah mulai memeriksa satu persatu komponen dari awal yaitu mulai dari memeriksa dari power adapter laptop. Apakah terdapat aliran listrik yang masuk pada Adapter laptop tersebut?


Untuk mengatasi permasalahan ini, mungkin berikut beberapa penyebabnya :
  • Power adapter sudah rusak
  • Memory utama rusak, atau tidak tepat kedudukannya.
  • Processor rusak
  • Maiboard rusak

Jika demikian, untuk mengatasi laptop mati total ini apa solusinya? Silahkan sobat ikuti tips memperbaiki laptop berikut dibawah ini.

Bila lampu indikator pada laptop mati dan tidak adanya tanda tanda kehidupan. Silahkan sobat periksa mulai dari memeriksa kondisi kabel power, kabel adapter, dan stavol atau UPS dengan cara mengetesnya dengan menggunakan multimeter

Pastikan sebelumnya bahwa terdapat aliran listrik pada laptop dengan tegangan yang normal. Jika tidak ada aliran listrik maka hal ini dapat menyebabkan laptop menjadi mati total.

Selanjutnya coba sobat  perhatikan kinerja power adapter. Jika power adapternya sudah nyala dan laptop masih saja mati, kemungkinan besar kerusakannya ada pada saklar on/off laptop, namun hal ini sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi, Tapi tidak ada salahnya bila sobat juga memeriksa juga tombol tersebut. Bila sudah diperiksa dan tidak ada masalah, maka kemungkinan lain yaitu ada kerusakan pada Mainboard laptop.

Coba sobat lepas kabel power adapter kemudian silahkan pasang kembali dan coba untuk menghidupkan kembail laptop. Apakah ada perubahan? Bisa saja hal ini terjadi dikarenakan socket DC pada laptop longgar sehingga tidak dapat mengalirkan listrik untuk masuk ke laptop.

Selanjutnya, bila cara diatas masih belum ada yang berhasil juga, maka coba dengan cara melepaskan adapter dan coba gunakan batterei saja. Jika dengan cara menggunakan battery ini membuat laptop menyala maka sudah dipastikan bahwa kerusakan pada terdapat pada bagian power adapter. Solusinya segera perbaiki adapter laptop atau bisa juga dengan membeli yang baru.

Jika masih belum berhasil juga, Maka langkah terakhir yaitu dengan memeriksa Mainboard. Coba sobat periksa kembali, kemungkinan ada pemasangan komponen yang kurang benar dan longgar, terutama pada komponen SIMM RAM dan mikroprosesor. Bila perlu sobat bisa maelakukan uji coba dengan cara mengganti memori  dengan memori lainnya. Hal ini untuk memastikan bahwa kerusakan ada pada mainboard atau bukan.

Biasanya dengan melakukan cara diatas, maka laptop yang Mati total dengan indikator yang tidak menyala akan hidup kembali dengan catatan sobat sudah memeriksa komponen yang sudah dijelaskan diatas.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.